Cara Tepat Menanam Tumbuhan Bakau

Pohon bakau atau Mangrove merupakan jenis tumbuhan atau tanaman yang mana jenis tanaman yang satu ini sangat umum dan menyukai hidup di sekitar pinggiran pantai ataupun Hutan Tropis.Yang mana,tanaman mangrove ini mempunyai alur pertumbuhan yang sangat tergantung oleh adanya pasang surut air laut,sejatinya tidak banyak masyarakat yang sebenarnya salah mengartikan sebutan pohon bakau untuk mangrove karena istilah bakau sendiri yakni merujuk pada salah satu spesies penyusun hutan mangrove,secara istilah mangrove ini dalam bahasa urdu disebut dengan oleh rhizophora ordomaus.

Cara Tepat Menanam Tumbuhan Bakau

Namun akan tetapi istilah mangrove itu sendiri ditujukan untuk segala macam tanaman tropis yang mana sangat banyak memiliki karakteristik mampu hidup dan tumbuh di sekitar pinggiran pantai atau hutan tropis.

Baca Juga: Morfologi Buah Belimbing

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa cara membudidayakan pohon bakau yaitu :

  1. Hal utama yang perlu anda perhatikan yaitu tentang penyiapan bibit yang mana nantinya bibit inilah yang akan anda tanam. Cara pertama yaitu terlebih dahulu anda mengumpulkan buah atau bibit mangrove yang tentunya mempunyai kualitas unggul,anda bisa mendapatkan bibitt bakau ini dari pohon induk yang benar – benar bagus dan dalam kondisi prima,pastikan pula anda mendapatkan bibit bakau ini berasal dari daerah yang cukup dekat dengan wilayah pantai lepas. Hal tersebut sangatlah penting agar anda dapat lebih tepat saat memilih lahan yang mana sangat sesuai untuk tumbuh kembang tanaman mangrove ini.
  2. Anda dapat  lakukan penyemaian buah mangrove yang telah anda kumpulkan tadi. selain penyemaian anda juga bisa langsung melakukan penanaman buah mangrove tapi tentu saja untuk peluang hidup dari bibit pohon mangrove yang disemai jauh lebih besar daripada buah mangrove yang langsung anda tanam.
  3. Selanjutnya anda lakukan proses penanaman,pastikan anda menanam nya pada daerah yang masih bisa terjangkau ketika air laut sedang pasang. hal tersebut untuk anda cermati agar nantinya bibit dari pohon mangrove atau bakau ini yang anda tanam tidak memerlukan penyiraman.
  4. mengenai pertumbuhan dari bibit pohon mangrove atau bakau yang anda tanam tersebut sangatlah bergantung pada kondisi alam sekitar. misalnya saja jenis tanah tempat anda melakukan penanaman, gelombang dan arus air laut pasang surut air laut serta iklim dan juga karena faktor alam lainnya.
  5. yang terakhir yaitu ketika bibit mangrove yang anda tanam telah tumbuh maka anda perlu melakukan perawatan. ini dapat anda lakukan dengan cara memberikan sebuah tiang penyangga pada bibit bakau tersebut. selain itu tersebut maka anda juga perlu melakukan pengawasan pada bibit bakau yang anda tanam agar pertumbuhannya dapat anda amati dengan baik.

Pembibitan dan penanaman

Hal pertama yang anda perlu lakukan adalah membuat lubang pada plastik atau botol mineral sebelum diisi tanah hal tersebut bertujuan supaya air berlebih dapat keluar. kemudian buah tersebut bisa disemaikan langsung ke dalam kantong plastik atau botol air mineral yang sudah berisi tanah atau lebih baik disimpan terlebih dahulu di tempat teduh dan ditutupi karung basah selama 5 sampai 7 hari.

Pemeliharaan pohon bakau yang tepat

Cara pemeliharaan dan menjaga pohon mangrove ini dapat dilakukan dengan membuat penyangga atau batang tumbuhan mangrove baru. penyangga menggunakan batang dari bambu yang kemudian dikalikan pada batang tanaman yang ditancapkan disekitar tanaman mangrove tersebut. cara lain yaitu dengan melakukan pengawasan secara rutin sebagai upaya menghindari kerusakan pada kawasan ekosistem pohon mangrove tersebut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>