Varietas Unggul Dari Buah Belimbing

Belimbing merupakan buah yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia,yang mana buah ini memiliki rasa yang manis,masam namun sangat menyegarkan. Hal itulah yang membuat warga indonesia banyak berbudidaya buah belimbing di sekitar pekarangan rumah. Nah,kali ini saya akan menjelaskan beberapa varietas belimbing lainnya. simak ulasan di bawah ini.


Varietas Unggul Dari Buah Belimbing

BELIMBING MALAYA

Tanaman belimbing merupakan tumbuhan yang berbentuk sangat khas yang mana buah belimbing ini  berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka, saat ini, buah belimbing telah banyak tersebar luas terutama di sebagian penjuru di kawasan Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia,belimbing malaya ini sangat cocok dijadikan sebuah usaha penanaman secara komersial. Usaha ini banyak dilakukan di negara Amerika Serikat, yaitu terletak di di Florida Selatan dan Hawaii, di Indonesia sendiri buah belimbing malaya ini  dijadikan sebuah ikon untuk kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.

Belimbing malaya  ini pertama kali didatangkan dalam kondisi masih berbentuk bibit okulasi dan awal mulanya ditanam di kota Bogor yang mana di wilayah tersebut memiliki cuaca yang sangat dingin dan juga sejuk,dan sangat cocok untuk penanaman buah belimbing malaya. Belimbing jenis ini akan mendapatkan hasil buah yang melimpah ketika dipetik antara umur 65-79 hari, pada umur tersebut buah belimbing malaya akan berwarna kuning keemasan, dan juga memiliki tekstur buah yang mulai melunak dan juga mempunyai rasa yang sangat manis,namun rasanya akan semakin manis jika dipetik umur antara umur 90 hari.

Tanaman belimbing malaya ini akan tumbuh dengan sangat baik di tempat dengan ketinggian 0-800 m di atas permukaan laut dengan curah hujan yang sangat tinggi dan juga harus mendapat cukup paparan dari  sinar matahari,kemudian untuk jenis tanah yang sesuai adalah tanah yang mempunyai ph tinggi dan pastikan gembur, berdrainase baik, dan juga dapat menahan genangan air

Tanaman belimbing malaya ini memiliki ciri yang sangat unik yaitu berwarna kuning cerah dan pada pinggiran nya cenderung berwarna coklat muda,dan buah ini mempunyai rasa yang sangat manis ketika matang yang mana sangat berbeda dibandingkan dengan jenis belimbing lainnya.

Baca Juga:Manfaat Alami Jeruk Purut

BELIMBING SEMBIRING

Belimbing jenis sembiring ini merupakan varietas unggulan lainnya dari buah belimbing,jenis buah belimbing sembiring ini tidak sama dengan jenis belimbing lainya,belimbing sembiring ini mempunyai daging besar dan juga cukup berair yang mana menjadi  sebuah ciri belimbing varietas Sembiring,pada bagian pinggiran memiliki bentuk mirip bintang tebal dan di bagian tengahnya berwarna cerah menjadikanya lebih digemari daripada varietas belimbing lain yang tekstur dagingnya lebih tipis dan kadar airnya lebih sedikit.

Belimbing sembiring ini awalnya dikembangbiakkan di wilayah sumatera utara pada tahun sekitar 1980 an,dinamakan sembiring karena kon penemu belimbing ini adalah teguh sembiring yang mempopulerkan tanaman in.Tak heran jika banyak warga di sumut beramai-ramai menanam buah belimbing sembiring ini,karena belimbing ini cukup laku di pasaran dan juga mempunyai nilai ekonomis yang menjanjikan.

Di dalam buah belimbing sembiring ini terselip sebuah  keunikan tersendiri,yang mana belimbing ini hanya dapat tumbuh subur serta menghasilkan buah yang berkualitas hanya di Desa asalnya yaitu desa Namoriam,sedangkan jika ditanam di daerah lain, kualitasnya langsung menurun. Salah seorang warga pernah menuturkan jika buah ini pernah di tanam di daerah jawa barat,namun selang beberapa hari buah belimbing sembiring ini layu dan akhirnya mati,tak heran jika belimbing ini jarang sekali ditemukan.

Buah belimbing sembiring ini mempunyai bau yang sangat khas yang mana pada saat matang buah ini akan berwarna hijau gelap,tak sama dengan belimbing jenis lainnya,dan belimbing sembiring ini memiliki ukuran yang sangat mini dan juga ramping,tak seperti jenis belimbing pada umumnya.

Tanaman  belimbing sembiring ini mempunyai tinggi pohon yang menjulang hingga mencapai 8 meter,dan akan berbuah setiap 4 bulan sekali,namun ketika tanaman ini di tanam di wilayah sumut maka tiap 2 bulan sekali tanaman ini akan menghasilkan calon buah dan siap di panen pada bulan ke 3 setelah masa tanam.

BELIMBING WULAN

Belimbing wulan merupakan varietas belimbing yang dihasilkan dari persilangan buah belimbing demak kunir dan juga belimbing demak jinggo. Bentuk belimbing wulan ini berbentuk lonjong dan juga mempunyai serat yang sedikit dan juga tidak berair,namun bauh ini sangat jarang untuk berbuah dan juga pembudidayaan nya pun juga cukup rumit.

Jenis belimbing wulan banyak digemari terutama di wilayah demak jawa tengah,yang mana daerah situlah buah ini ditemukan atau dibudidayakan. Buah belimbing wulan ini mempunyai rasa yang hampir sama dengan belimbing jenis malaya,namun sangat berbeda pada bagian ukuran buah,belimbing wulan sedikit lebih besar di bandingkan dengan jenis belimbing malaya.

Pohon belimbing wulan ini memiliki tinggi maksimal mencapai 6 meter dan masa tanam buah ini antara 1-2 tahun,dan juga buah ini sangat rajin berbuah namun di beberapa wilayah khususnya di luar wilayah demak belimbing wulan ini akan sukar di tanam dan jarang untuk bisa berbuah.

Banyak warga demak yang percaya bahwa tanaman belimbing ini sudah ada sejak zaman  wali 9,dan menjadi hidangan khusus bagi kerabat atau sanak keluarga dalam kerjaan demak,konon belimbing wulan ini pernah menemani Panembahan senopati dalam menjelajah nusantara.

Belimbing wulan ini juga kerap di jadikan warga demak sebagai buah penangkal maklhuk halus,konon para jin yang mengganggu akan terkesima dengan aroma buah ini dan nantinya para jin ini tidak lagi mengganggu manusia,pada beberapa malam tertentu banyak warga yang sedang berpesta pora dengan melempar-lempar belimbing wulan ini ke sawah atau ladang,warga setempat mempercayai bahwa belimbing wulan ini merupakan buah yang sangat istemewa.

MANFAAT BELIMBING

Baik untuk kulit yang terkena iritasi panas

Di negara-negara di kawasan asia tenggara seperti Thailand dan negara Myanmar, buah belimbing sangat umum untuk digunakan sebagai obat mabuk dan juga sangat amopuh untuk dijadikan lotion tubuh untuk mencegah bahaya panas paparan sinar matahari,daun belimbing yang digerus halus dipercaya dapat mengobati penyakit kulit seperti bisul dan gatal gatal daun belimbing yang di gerus ini akan memberikan sensasi sejuk jika diberikan pada kulit yang terkena luka bakar.

Membantu diet Anda

Buah Belimbing sejatinya sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu daftar asupan gizi serta vitamin untuk membantu Anda dalam urusan menurunkan berat badan.

Hal ini,dikarenakan bahwa terdapat kandungan pada satu buah belimbing yang mempunyai ukuran cukup sedang,yakni antara 9 gram karbohidrat dan 3 gram serat makanan. Dengan rutin mengkonsumsi satu buah belimbing, maka hal ini sama saja dengan memenuhi sebanyak 3 % kebutuhan karbohidrat dalam aktivitas sehari-hari. Buah belimbing ini juga banyak sekali mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menangkal zat berbahaya dalam tubuh.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>